Authors

Apr 16, 2023

Setup Project React dengan Nextjs dan Bun

BunNextjs

2 min read

Cover

Nextjs merupakan framework React populer yang banyak developer gunakan. Next sangat mudah untuk digunakan dalam mengembangkan aplikasi web. Pada kali ini kita akan melakukan setup project Nextjs menggunakan Bun. Dikemunculannya bun cukup ramai dibicarakan karena Bun sendiri mengklaim bahwa kecepatan proses yang dilakukan Bun leibh cepat dibandingkan dengan Nodejs dan Deno. Mari kita langsung saja.

Install Bun

Pertama-tama kita memerlukan runtime Bun, kita bisa cek terlebih dahulu apa Bun sudah pernah terinstal di perangkat kita.

bun -v

Jika tampil versi dari bun (contoh: 0.5.9) maka Bun sudah pernah diinstal. Bagi yang belum menginstall Bun, kalian dapat menjalankan perintah berikut.

curl -fsSL https://bun.sh/install | bash

Membuat Project Nextjs

Setelah kita memiliki Bun, kita dapat langsung membuat project Nextjs dengan perintah berikut.

bun create next next-app

Dari perintah tersebut akan menghasilkan folder bernama next-app, lalu kita akan buka dan jalankan project dengan menjalankan perintah

cd next-app
bun dev

Kita dapat melihat hasil dari setup kita dengan membuka halaman https://localhost:3000 dibrowser kalian, dan tampilannya akan seperti berikut.

Cover

Mengupgrade Nextjs Terbaru

Nextjs yang terinstal diatas bukanlah versi terbaru, untuk melakukan pembaruan versi Next js kita memerlukan preintah berikut

bun add next@latest

Menhasilkan File Production

Jika kita sudah melakukan pembuatan ataupun pengembangan pada project Nextjs, kita dapat melakukan perintah berikut untuk menghasilkan file production

bun run build

Itu dia cara melakukan setup project Nextjs menggunakan Bun. Bun ini juga dapat digunakan pada project yang di setup menggunakan Nodejs loh. Cukup ganti perintah npm run dev menjadi bun run dev. Cukup mudah bukan?